Hallo Sobat !!! Selamat Datang di Masfim dot Com
Advertise I About Us I Disclaimer I Privacy Policy I Sitemap I Follow

Manfaat Buah Jambu Biji

Selasa, 29 Januari 2013 Pukul 08:02 WIB


www.MASFIM.com » Buah Jambu adalah salah satu buah yang saat ini tengah digemari masyarakat, karena buah ini sangat terkenal dengan bentuk dagingnya yang lunak, manis rasanya, berbiji dan ukuran buahnya sedikit besar. Ada beberapa jenis buah jambu yang sangat diunggulkan, seperti jambu Bangkok, jambu Pasar Minggu, jambu Palembang, jambu apel, jambu sari, jambu sukun, jambu merah getas dan jambu merah. Selain itu buah ini juga sangat kaya manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan mengkonsumsi buah jambu biji.
 Jambu Biji
Beberapa Manfaat Buah Jambu Biji :
  1. Dr. James Cerda menjelaskan, dengan mengkonsumsi jambu biji antara 0,5 sampai 1 kg dalam sehari dan dilakukan selama 4 minggu dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung sebesar 16 persen.
  2. Di dalam jambu merah terdapat kandungan likopen tinggi, oleh sebab itu jus buah jambu merah di Indonesia sering digunakan dalam meningkatkan kadar trombosit pasien demam berdarah meskipun belum ada penelitian yang kuat mengenai manfaat ini.
  3. Singh Medical Hospital & Research Centre Morabad , dari India melakukan studi yang menunjukkan bahwa jambu biji mampu menurunkan tekanan darah pada pasien hipertensi, kadar kolesterol dan trigliserida darah.
  4. Berguna untuk mengendalikan keseimbangan cairan sel tubuh dan jaringan, mengatur proses pengiriman zat gizi ke dalam sel-sel tubuh dan membuat kontraksi otot menjad aktif.
  5. Dalam jambu biji terdapat kandungan kalium yang berguna dalam meningkatkan keteraturan dari denyut jantung.
  6. Kandungan lain di dalam jambu biji yakni antioksidan untuk melawan kanker, dan likopen, merupakan zat non gizi selain serat. Likopen berfungsi sebagai karatenoid atau pigmen penting yang ada di dalam tanaman dan terdapat pada darah sekitar 0,5 mol/liter darah, serta mempunyai aktivitas sebagai antioksidan. Kandungan likopen yang ada dalam jambu biji sangat mudah diserap oleh tubuh dibandingkan dengan likopen dari tomat yang mempunyai perbedaan struktur dalam selnya. Bila Anda mengkonsumsi likopen dalam jumlah yang cukup akan berpengaruh pada pria terhadap penurunan risiko kanker prostat. Konsumsi jambu biji dengan daging merah mampu memberikan efek perlindungan tubuh terhadap beberapa jenis kanker.
  7. Manfaat jambu biji yang lain yakni anti radang, anti diare, dan menghentikan terjadinya pendarahan contohnya pada pasien DBD.
  8. Daun jambu biji atau buah jambu biji yang dimakan mentah dipercaya mampu mengobati batuk, buahnya dapat juga dibuat jus. Cara kerja dari ramuan ini adalah mengurangi terbentuknya lendir dan menjadikan saluran pernapasan bebas dari infeksi. Memang buah jambu biji mempunyai kandungan yang sangat kaya akan vitamin C dan juga zat besi yang sangat efektif dalam menghambat infeksi dari virus flu.
  9. Kandungan yang terdapat dalam daun jambu biji adalah zat antibakteria yang membantu pertumbuhan bakteri ketika terkena disentri. Dan dalam buah ini juga terdapat karetinoid, potassium dan vitamin C yang berguna untuk membunuh bakteri.
  10. Kandungan astrinet yang terdapat pada jambu biji mampu meningkatkan tekstur kulit serta membuat kulit yang mulai kendur menjadi kencang kembali.
  11. Tingginya kandungan serat dalam jambu biji sangat baik dalam mencegah terjadinya sembelit maupun konstipasi. Buah jambu biji dengan ukuran sedang mempunyai kandungan 36% kebutuhan serat yang sangat direkomendasikan. Adapun bijinya juga sangat membantu dalam membersihkan sistem pembuangan dalam usus apabila terjadi penyumbatan pada saluaran pembuangan.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
 
Beranda | Pasang Iklan | Masfim Free Backlink | Fuad Compi Net | blogarama.com | Review Alexa | On Ping.sg 
. Masfim dot Com - Portal Informasi Terkini. All Rights Reserved.
Powered by Blogger - Google Indonesia - Yahoo Indonesia - Bing

DMCA.com