Hallo Sobat !!! Selamat Datang di Masfim dot Com
Advertise I About Us I Disclaimer I Privacy Policy I Sitemap I Follow

Bahaya, Sering Menyundul Bola Bisa Merusak Otak

Rabu, 19 Juni 2013 Pukul 16:00 WIB

www.MASFIM.com » Teknik menyudul bola atau biasa disebut ‘heading’ yang biasa dilakukan oleh para pemain sepak bola diketahui bisa menyebabkan masalah pada otak. Tak hanya itu, teknik ini juga bisa membuat pemain sepak bola berisiko kehilangan ingatan, ungkap penelitian terbaru. Efek ‘heading’ yang dilakukan oleh pemain sepak bola diketahui hampir sama dengan pasien yang mengalami kecelakaan trauma pada otak, berdasarkan hasil pemindaian. Hasil ini diketahui peneliti setelah mengamati hasil pemindaian otak dari 37 pemain bola amatir.

Bahaya, Sering Menyundul Bola Bisa Merusak Otak

Peneliti menemukan perubahan pada bagian putih otak yang mengandung jutaan saraf pada otak pemain bola. Serat-serat saraf ini berfungsi sebagai penghubung antar bagian dalam otak.

“Kami memilih mengamati pemain sepak bola karena sepak bola adalah permainan paling populer di dunia. Sepak bola dimainkan oleh banyak orang dari segala usia, termasuk anak-anak. Selain itu terdapat perhatian mengenai teknik menyudul bola yang bisa berbahaya untuk otak,” ungkap ketua peneliti Dr Michael Lipton dari Albert Einstein College of Medicine, di New York, seperti dilansir olehTelegraph (11/06).

Mereka menemukan bahwa pemain yang sering menyundul bola hingga 1.800 kali setahun memiliki nilai buruk dalam tes ingatan. Partisipan yang mengikuti penelitian ini telah bermain sepak bola selama 22 tahun. Mereka juga bermain selama 10 bulan pada tahun sebelum penelitian.

[Sumber]

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
 
Beranda | Pasang Iklan | Kontak Kami | Ikuti Kami | Masfim Free Backlink | Ping.sg | Fuad Compi Net
. Masfim dot Com - Portal Informasi Terkini. All Rights Reserved.
Powered by Blogger