Hallo Sobat !!! Selamat Datang di Masfim dot Com
Advertise I About Us I Disclaimer I Privacy Policy I Sitemap I Follow

Kontrol Konsumsi Energy Drink, Atau Cepat Mati

Sabtu, 21 Desember 2013 Pukul 12:00 WIB

Masfim dot Com » Kisah meninggalnya Mitra Diran, copywriter yang berlebihan waktu kerja juga ramai dibicarakan terkait dengan minuman energy drink yang dikonsumsinya. Memang tak ada isu lanjutan mengenai ini, bagaimanapun kita harus tahu fakta tentang energy drink.

Tidak seperti kopi, energy drink yang juga mengandung kafein dijual lebih bebas. Anda akan melarang anak kecil meminum kopi, tidak demikian dengan energy drink. Minuman ini diiklankan sebagai penambah energi, dan gawatnya tak ada keterangan batasan umur.

US National Library of Medicine mengeluarkan data, 10 hal bahaya energy drink yang harus diketahui.

1. Konsumsi minuman berkafein pada batas tertentu bisa menyebabkan kematian. Tapi rumus ini tidak sama berlaku pada semua orang, tergantung kondisi jantung Anda. Bagi yang memiliki lemah jantung, semakin cepat mencapai tingkat 'mati'. Maka disarankan, periksa dan ketahui kondisi jantung Anda bila berniat ingin mengonsumsi energy drink secara regular.


2. Terlampau banyak energy drink bisa memicu beberapa penyakit kepala (yang disebabkan kafein), seperti migrain misalnya.


3. Kebanyakan orang memakai energy drink untuk membuatnya lebih terjaga, tidak mengantuk. Namun kalau disalahgunakan, minuman ini bisa mengakibatkan insomnia serta malah kehilangan konsentrasi.


4. Energy drink selain mengandung kafein juga zat-zat lain yang tinggi kadar gulanya. Keseringan mengonsumsinya menyebabkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin cepat rusak, dan mulailah  diabetes tipe 2 mengancam.


5. Kalau Anda sedang dalam perawatan atau berobat jalan, hindari energy drink. Beberapa bahan dalam energy drink bereaksi dengan obat-obatan dan memperparah efek samping negatif.


6. Pada beberapa kasus, energy drink bisa menimbulkan kecanduan. Terbiasa merasa mendapat energi lebih saat mengonsumsinya, lalu tubuh lemas kalau lupa meminumnya. Kecanduan ini menjadi gerbang bagi berbagai penyakit seperti disebut sebelumnya.


7. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of American College Health menunjukkan: remaja (atau orang muda) yang mengonsumsi energy drink berlebih beresiko tinggi cenderung lebih mudah bermasalah dengan kesehatan, melukai diri sendiri, bahkan hukum.


8. Terlalu banyak kafein dari energy drink menyebabkan beberapa orang mudah cemas. Sebuah studi di Australia menemukan bahwa hanya satu botol energy drink 250ml dengan cepat membangkitkan perasaan cemas pada orang muda.


9. Terlalu banyak konsumsi energy drink dapat menyebabkan muntah. Hal ini diperparah dengan gejala dehidrasi, erosi asam gigi, serta radang kerongkongan.


10. Walau jarang, tidak menutup kemungkinan beberapa orang bisa menjadi alergi karena bahan-bahan dalam minuman energy drink, mulai dari gatal-gatal hingga penyempitan saluran napas.


Maka kuncinya adalah kontrol diri. Konsumen perlu memiliki informasi yang transparan soal konsumsi energy drink dan berbagai minuman berkafein (ditambah zat-zat lain) agar dalam batas aman. Dan orang tua harus mengerti apa yang anak minum.




[Sumber]

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
 
Beranda | Pasang Iklan | Kontak Kami | Ikuti Kami | Masfim Free Backlink | Ping.sg | Fuad Compi Net
. Masfim dot Com - Portal Informasi Terkini. All Rights Reserved.
Powered by Blogger