Alasan Burung Tidak Kesetrum Saat Hinggap di Kabel Listrik

Alasan Burung Tidak Kesetrum Saat Hinggap di Kabel Listrik. Pernahkah kalian melihat burung yang sedang hinggap di atas kabel listrik? Apa kalian pernah berfikir, mengapa burung-burung tersebut tidak kesetrum walaupun kaki-kakinya menyentuh kabel listrik yang bertegangan tinggi?

Bukan hanya burung, tupai pun tidak kesetrum walaupun bolak-balik melewati kabel listrik bertegangan tinggi. Kira-kira kenapa ya yang membuat burung dan tupai itu bisa kebal terhadap aliran listrik tersebut? Mari kita cari tahu bersama alasannya.

Alasan Burung Tidak Kesetrum Saat Hinggap di Kabel Listrik

burung hinggap di kabel listrik | sumber burungnya

Sesuatu dapat terkena sengatan listrik apabila terjadi perbedaan tegangan. Sebagaimana air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah, arus listrik mengalir dari tegangan tinggi ke tegangan rendah yang akan menimbulkan tegangan listrik.

Bumi atau tanah memiliki tegangan rendah. Hal ini menyebabkan listrik selalu mengalir ke bumi dari sumber tegangan melalui konektor (konduktor).

 

Baca juga : Alasan Obat Memiliki Tanggal Kadaluarsa

 

Jika kita kesetrum, itu berarti terjadi kontak antara tubuh kita sebagai konektor (konduktor) dengan sumber tegangan yang cukup tinggi sehingga menimbulkan arus melalui otot atau rambut kita.

Jika ada sesuatu yang memberi jalan antara kabel listrik dan tanah (misalnya tubuh kita), maka listrik akan mengalir melewatinya.

Pada saat burung hinggap di atas kabel listrik, mereka tidak akan kesetrum karena burung tersebut hanya hinggap pada sebuah kabel dan tidak menyebabkan terjadinya perubahan pada tegangan listrik kabel tersebut.

 

Baca juga : Esa Pada Sila Pertama Bukan Berarti Satu

 

Kaki mereka tidak menyentuh kabel netral atau ground (tanah). Jadi tidak ada aliran listrik melewati tubuh burung sehingga burung tidak akan kesetrum.

Jika kita menyentuh kabel listrik seperti burung yang mencengkeram kabel, maka kita juga tidak akan kesetrum tentunya asalkan kaki kita tidak menyentuh tanah atau menggunakan alas kaki yang merupakan isolator (plastik, sandal karet, dan lain-lain).

Tetapi bukan berarti kita dapat mencoba hal tersebut yak. Tetap menjaga keselamatan ya gaess.

Sumber : apakabardunia