Alasan Indonesia Sering Terjadi Gempa Bumi

Alasan Indonesia Sering Terjadi Gempa Bumi. Tahukah Anda bahwa bencana alam sering terjadi di berbagai belahan dunia di muka bumi ini baik yang disebabkan oleh faktor alam itu sendiri ataupun akibat dari ulah manusia. Bencana alam juga hadir atas kehendak Allah SWT tanpa bisa diduga kapan akan terjadi dan dimana lokasinya. Hal inilah yang menjadi sebuah misteri yang tidak bisa manusia bisa prediksi.

gempa bumi
ilustrasi patahan lempeng bumi | sumber: google image

Di zaman modern seperti saat ini sudah banyak sekali alat atau teknologi muktahir yang berfungsi untuk memberi peringatan dini terkait akan datangnya bencana alam, seperti teknologi atau alat untuk memantau aktivitas gunung berapi yaitu Seismometer dan Tiltmeter yang mana alat tersebut berfungsi untuk memantau aktivitas gunung merapi yang jika sewaktu-waktu dapat meletus.

Pasti Anda sudah tahu jika Indonesia sering sekali terjadi bencana alam seperti gempa bumi. Negara Indonesia merupakan negara yang rawan terjadi gempa, banyak peristiwa gempa bumi yang terjadi di Indonesia, apa Anda masih ingat bencana alam gempa bumi yang memporak-porandakan Daerah Nanggroe Aceh Darussalam pada tahun 2004 lalu? Gempa bumi yang terjadi di Provinsi NAD tersebut sampai menimbulkan Tsunami besar bahkan sampai ke beberapa negara tetangga. Hal ini terjadi karena pusat gempa terletak di tengah laut sehingga menimbulkan riak gelombang air dari dalam laut hingga pesisir pantai disekitarnya.

Lalu apa itu Gempa Bumi?

Gempa Bumi (Earthquake) atau Seisme adalah goncangan yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam perut bumi secara tiba-tiba dan berhasil menciptakan gelombang seismik. Gempa bumi dapat di ukur dengan alat yang bernama Seismometer, adapun satuan kekuatanya adalah Skala Richter. SR atau Skala Richter adalah skala yang dilaporkan oleh observatorium seismologi nasional. Jadi semakin tinggi Skala Richter yang dihasilkan maka tingkat kerusakan yang ditimbulkan juga akan semakin besar dampaknya. 

Kenapa Indonesia sering terjadi gempa bumi?

Beberapa sumber yang menyatakan bahwa Indonesia adalah negara yang rawan akan gempa bumi adalah nyata kebenarannya. Hal ini terjadi karena ada beberapa sebab yang mendukung pernyataan tersebut yakni :

1. Letak Indonesia berada pada gugusan gunung api dunia atau Ring of fire.

ring of fire
ring of fire | sumber: ikinegriku

Seperti yang bisa dilihat dari gambar diatas yang mana warna merah menandakan sebuah alur yang disebut dengan Ring of fire (cincin api). Hal inilah yang menegaskan bahwa Indonesia adalah wilayah yang rawan terjadi gempa bumi dikarenakan geografisnya terletak pada Ring of Fire akibat dari adanya gempa bumi vulkanik (gunung berapi).

2. Keadaan tektonik wilayah Indonesia yang berada pertemuan lempeng tektonik

lempeng bumi
lempeng bumi | sumber: hendraalzair

Faktor kedua yang menyebabkan Indonesia rawan terjadi gempa bumi adalah dari keadaan tektoniknya. Indonesia merupakan lokasi dimana adanya pertemuan lempeng tektonik dunia yakni di sebelah Selatan lempeng Indo-Australia, di sebelah Timur lempeng Pasifik, dan lempeng Eurasia sehingga hal inilah yang menjadi faktor penguat jika ada sedikitnya pergeseran lempeng tersebut maka akan menimbulkan efek domino terhadap beberapa wilayah yang berada diatas lempeng benua tersebut.

Demikianlah ulasan dari kami mengenai alasan Indonesia sering terjadi gempa bumi, dengan adanya kejadian gempa bumi yang terus berulang tentunya menjadi sebuah peringatan dini bagi kita sebagai umat beragama untuk lebih mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa bahwa usia bumi sudah sangat tua dan sewaktu-waktu jika Allah SWT telah berkehendak maka akan terjadi yang paling utama adalah mempersiapkan bekal untuk menghadap kepada Sang Khalik.

Sumber: ikinegriku


Artikel Terkait :

0Shares