Awas! Ada Banyak Bakteri Berbahaya Pada Ponsel

2Shares

Awas! Ada Banyak Bakteri Berbahaya Pada Ponsel. Mungkin sudah banyak yang mengetahui bahwa sebenarnya perangkat mobile atau ponsel yang kita gunakan sehari-hari adalah tempat nyaman bagi sarang bakteri, namun diperkirakan juga tidak sedikit pula yang belum mengetahuinya. Fakta umum dari ponsel adalah ponsel menjadi salah satu benda yang paling tidak higienis.

Nah tahukah Anda, seberapa kotor perangkat yang selalu menemani tersebut? Menurut penelitian yang telah dilakukan bahwa setiap satu inci persegi pada ponsel telah mengandung sekitar 25 ribu bakteri. Bahkan dari banyaknya jumlah bakteri tersebut ada anggapan yang mengatakan bahwa ponsel lebih kotor dibandingkan dudukan toilet sekalipun.

Bakteri Pada Ponsel

Bakteri pada ponsel | sumber: kodokoala

Berikut ini adalah daftar 10 macam bakteri paling berbahaya yang terdapat pada ponsel yang digunakan sehari-hari seperti yang kami lansir dari Howstuffworks.com melalui kodokoala.net :

1. Coliforms

Menurut penelitian, salah satu bakteri yang tinggal pada ponsel dinamakan Coliform. Bakteri jenis ini biasanya juga ditemukan pada kotoran manusia, hewan atau tumbuhan yang sudah membusuk. Walaupun tidak akan membuat pengguna perangkat mobile sakit, namun menjadi satu hal yang cukup menjijikkan apabila mengetahui bahwa ada bakteri yang sama di kotoran ternyata terdapat pada ponsel yang digunakan sehari-hari.

2. Escherichia Coli

Escherichia Coli atau disebut juga E coli merupakan bakteri jahat yang berbahaya bagi tubuh manusia. Menurut penelitian, bakteri jenis ini juga terkadang banyak ditemukan pada ponsel karena penggunanya kurang menjaga kebersihan. Bakteri jenis ini pada umumnya dapat mengakibatkan diare dan muntah yang apabila tidak ditangani secara serius dapat berbahaya bagi penderita.

3. Staphylococcus Aureus

Staphylococcus Aureus merupakan tipe bakteri yang sangat membahayakan bagi tubuh manusia. Beberapa jenis dari bakteri ini dapat mengakibatkan infeksi kulit seperti terbakar. Menurut penelitian, penyebaran bakteri ini dari tempat-tempat yang justru daerah bersih yaitu rumah sakit atau tempat kesehatan lainnya. Proses penyebarannya juga cukup cepat apabila ponsel yang digunakan sangat kotor atau tidak pernah dibersihkan.

4. Streptococcus

Bakteri jenis ini tergolong sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Terdapat 2 jenis Streptococcus yaitu Streptococcus A dan Streptococcus B. Walaupun dibedakan menjadi dua, namun keduanya masih tetap berbahaya. Streptococcus A biasa ditemui pada anak-anak, seperti penyakit radang tenggorokan. Bahkan apabila sudah parah, bakteri jenis ini dapat mengakibatkan penyakit yang lebih serius dibandingkan demam berdarah. Streptococcus B dapat mengakibatkan gangguan pada saluran kemih dan darah, pneumonia sampai dengan infeksi kulit parah.

5. Coagulase Negative Staphylococci (CoNS)

Coagulase Negative Staphylococci (CoNS) ini merupakan varian dari staphylococcus yang resistan terhadap antibiotik dan biasanya berada pada kulit manusia dan saluran vagina. Seperti staphylococcus pada umumnya, bakteri ini penyebarannya dimulai dari tempat-tempat yang digolongkan bersih seperti rumah sakit dan sejenisnya. Menurut penelitian yang dilakukan oleh pakar dari Universitas of Ghana pada tahun 2011 lalu mengungkapkan dari 100 ponsel pelajar yang diambil secara acak, 15 persen di antaranya positif mengandung CoNS. Bakteri ini dapat mengakibatkan infeksi saluran darah pada tubuh manusia.

6. Molds

Molds ini adalah jamur yang biasanya dapat ditemui di tempat-tempat lembab atau juga yang terkadang dapat membuat suatu daun menghitam dan mati. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari Turki beberapa tahun lalu mengungkapkan bahwa 10 persen dari ponsel yang mereka teliti ternyata mengandung Molds di dalamnya. Jamur seperti ini dapat mengakibatkan gangguan sistem pernapasan, demam sampai dengan infeksi paru-paru.

7. Yeasts

Yeasts merupakan satu bakteri yang berada di dalam ragi yang bagus untuk membuat minuman atau juga makanan tertentu, namun akan menjadi buruk ketika bakteri jenis ini mengontaminasi tubuh manusia. Menurut sebuah penelitian, bakteri satu ini juga kerap ditemukan pada ponsel. Yeasts dapat mengakibatkan gatal-gatal pada kulit atau juga masalah untuk organ vital seorang wanita.

8. Clostridium Difficile

Clostridium Difficile atau disebut juga dengan nama C. difficile ini merupakan bakteri yang rata-rata ditemukan di tempat duduk yang jarang dibersihkan. Gangguan pada tubuh yang disebabkan oleh bakteri ini antara lain demam, mual, sakit perut sampai dengan kehilangan nafsu makan.

9. Corynebacterium

Corynebacterium merupakan patogen berbahaya bagi tubuh manusia yang dapat mengakibatkan kematian bagi si penderita. Bakteri jenis ini biasa akan menyemprotkan racun mereka ke tenggorokan manusia dan membuatnya sulit bernafas. Terkadang, bakteri ini juga dapat mengakibatkan infeksi pada kulit.

10. Pseudomonas Aeruginosa

Menurut beberapa penelitian, bakteri jenis Pseudomonas Aeruginosa ini biasanya ditemukan di peralatan rumah sakit, di kolam renang atau juga perangkat yang sering digunakan manusia. Pseudomonas Aeruginosa juga merupakan bakteri yang kebal terhadap pengobatan setelah infeksi terjadi. Bahkan ada pengobatan khusus yang sengaja dibuat oleh tim medis untuk penderita yaitu dengan memasukkannya ke ruang ICU yang bebas perangkat mobile.

Nah demikianlah beberapa daftar bakteri yang paling banyak bersarang pada ponsel yang digunakan sehari-hari, maka dari itu penting bagi diri untuk bisa menjaga kebersihan tubuh dan barang yang digunakan agar dapat terhindar dari berbagai macam bakteri yang dapat merugikan inangnya. Semoga bermanfaat ya!

Referensi : kodokoala.net