Beberapa Contoh Olahraga Bagi Ibu Hamil

Beberapa Contoh Olahraga Bagi Ibu Hamil. Kehamilan merupakan waktu yang sangat diidamkan oleh kedua pasangan suami istri ketika akan memiliki buah hati yang sehat. Agar calon anak tumbuh dan lahir dengan sehat dan selamat maka ibu hamil harus menjaga kandungannya dengan cara makan makanan yang bergizi dan juga diimbangkan dengan cara sederhana yakni paling tidak berolahraga ringan.

ibu hamil

Ibu hamil sedang olahraga | sumber: kucoba.com

Beberapa olahraga ringan dibawah ini bisa menunjang kegiatan Anda bagi seorang ibu hamil karena selain melatih tubuh untuk bergerak juga bisa membuat mood si ibu hamil menjadi baik dan semangat. Nah berikut ini ada beberapa olahraga ringan yang bisa Anda coba di rumah :

1. Latihan Kegel

Olahraga yang difokuskan untuk melatih basic panggul ini bermanfaat untuk meringankan kelahiran pada saatnya kelak tiba nanti. Didalam latihan ini, ibu hamil diajak agar bisa mengendalikan otot-otot sepanjang sistem persalinan. Latihan kegel usai persalinan juga menolong pengobatan, mengembalikan kontrol kandung kemih, serta memperkuat otot-otot basic panggul.

2. Renang

Berenang mampu membuat tubuh kencang serta mampu menghindari stres pada sendi. ibu hamil yang rutin melakukan olahraga ini dapat memperoleh denyut jantung meningkat, melatih sistem kardiovaskular dengan langkah aman dan tidak menyebabkan panas yang terlalu berlebih pada tubuh.

3. Jalan Kaki

Berjalan kaki sepanjang 20 menit setiap harinya tetntu akan tetap aman bila dikerjakan oleh ibu hamil. Gunakan sepatu yang cocok supaya terhindari dari risiko cedera atau jatuh. Utamakan untuk mencocokkan porsi olahraga ini sehingga untuk membentuk kekuatan.

4. Jogging

Lari-lari kecil ini bisa dikerjakan sepanjang ada rekomendasi dari dokter. Bila dokter menyebutkan “tidak”, sebaiknya tidak dikerjakan. Karena, dokter barangkali tahu situasi kesehatan Anda serta janin hingga bisa memberikan rekomendasi yang lainnya yang lebih baik.

5. Bersepeda

Bila Anda memiliki hobi bersepeda, sebaiknya tentukan sepeda statis untuk berolahraga sepanjang masa kehamilan. Ini mempunyai tujuan untuk hindari jatuh dari sepeda. butuh diingat, sepanjang bersepeda dapat merasa tekanan sedikit semakin banyak di punggung. lantas kerjakan dengan perlahan serta berhentilah bila tidak kuat, jangan dipaksakan.

6. Menaiki Anak Tangga

Bila di dalam rumah ada tangga menuju lantai atas, ibu hamil dapat memanfaatkannya untuk fasilitas berolahraga. Langkah ini cukup murah dan sederhana namun butuh kewaspadaan yang ekstra juga sewaktu mengerjakannya.

7. Aerobik

Olahraga ini statusnya sama juga dengan jogging. Ibu hamil harus memperoleh rekomendasi terlebih dahulu dari dokter sebelum mengerjakannya supaya tidak membahayakan jiwa dan janin.

Maka ketika Anda tengah hamil tidak ada alasan untuk bermalas-malas memanjakan tubuh Anda, buat tubuh Anda terus bergerak namun dalam batas yang normal. Selamat mencoba ya!

Referensi : kucoba.com

Artikel Terkait :

0Shares