Manfaat Konsumsi Kentang Bagi Kesehatan

Manfaat Konsumsi Kentang Bagi Kesehatan. Kentang (Solanum tuberosum L.) adalah sebuah tanaman dari suku Solanaceae yang memiliki umbi batang yang dapat dimakan dan disebut dengan “kentang” pula. Umbi kentang sekarang telah menjadi salah satu makanan pokok penting di Eropa walaupun pada awalnya didatangkan dari Amerika Selatan. Penjelajah Spanyol dan Portugis pertama kali membawa ke Eropa dan mengembangbiakkan tanaman ini. Tanaman kentang asalnya dari Amerika Selatan dan telah dibudidayakan oleh penduduk di sana sejak ribuan tahun silam. Tanaman ini merupakan herba (tanaman pendek tidak berkayu) semusim dan menyukai iklim yang sejuk. Di daerah tropis cocok ditanam di dataran tinggi.

 

kentang

Tanaman Kentang | pict by melintas

 

Menurut sejarah, tanaman kentang berasal dari lembah-lembah dataran tinggi di Chili, Peru, dan Meksiko. Jenis tanaman tersebut diperkenalkan bangsa Spanyol dari Peru ke Eropa sejak tahun 1565. Semenjak itulah, kentang menyebar ke negara-negara lain termasuk Indonesia. Menurut catatan awal di Indonesia, tumbuhan ini mulai ada semenjak tahun 1794, dimulai dengan penanaman di sekitar Cimahi. Semenjak itu, kentang dapat ditemui pula di Priangan dan Gunung Tengger. Pada tahun 1812, kentang sudah dikenal dan dijual di Kedu. Sedangkan, di Sumatra tumbuhan ini dikenal setahun sebelumnya pada 1811. Kentang tumbuh di pegunungan dengan ketinggian antara 1000 mdpl hingga 2000 mdpl, pada tanah humus. Tanah bekas letusan gunung berapi yang berstruktur remah lebih disukai untuk tanaman ini.

Nah terlepas dari itu semua selain enak dimakan ternyata kentang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Manfaat mengkonsumsi kentang bagi kesehatan manusia merupakan hal yang wajib diketahui bagi kamu sangat gemar mengkonsumsi selain itu pula kentang dapat membantu tubuh kamu dalam menjaga kesehatan. Berikut ini beberapa alasan baik ketika kamu mengkonsumsi kentang :

 

Bacaan lainnya : Fakta Mengenai Virus Corona Asal Wuhan China

 

1. Kaya akan Serat

Meskipun kentang diyakini sebagai satu diantara sumber karbohidrat, tetapi di segi lain kentang juga kaya dengan kandungan serat. Maka dari itu kentang dianjurkan sebagai menu alternatif untuk pengganti karbohidrat kepada mereka yang menjalani program diet.

 

2. Memerangi beberapa jenis penyakit

Kentang merupakan sumber serat yang cukup baik kentang bisa juga memiliki manfaat bagi system pencernaan. Selain hal itu, kentang bisa juga mengurangi risiko kanker serta penyakit jantung. Terdapat kandungan vitamin B6 di dalamnya bisa juga memberi bantuan untuk melawan masalah saraf.

 

3. Baik bagi pasien diabetes

Beberapa orang yang memikirkan bahwasanya kentang tak baik untuk pasien diabetes dikarenakan diyakini bisa menaikan kandungan gula darah. Tetapi seperti ditulis dari magforwomen. com, ternyata kandungan glukosa di dalam kentang baik untuk mengontrol kandungan gula darah pasien diabetes.

 

Bacaan lainnya : Fakta Mengenai Tidur Berjalan (Sleepwalking)

 

4. Menyehatkan kulit

Kentang memiliki kandungan vitamin C yang amat baik bagi tubuh, khususnya kulit. Selain hal itu, jika Kamu memakai kentang untuk kompres di mata sepanjang 30 menit, maka bengkak serta lingkaran hitam dibawah mata bisa hilang.

 

5. Baik untuk kesehatan otak

Kentang kaya dengan zat besi serta zat tembaga yang baik bagi kesehatan otak.

 

6. Mengurangi peradangan

Apabila Kamu rajin memakan kentang, maka secara tidak langsung kamu melakukan pencegahan terhadap peradangan serta terlepas dari sakit usus.

 

7. Mengobati batu ginjal

Batu ginjal terjadi dikarenakan meningkatnya kandungan asam urat didalam darah. Kentang dapat mengurangi kandungan asam urat itu.

 

8. Meredakan stres

Kandungan vitamin B6 yang ada di dalam kentang dapat mengurangi stres baik stres pikiran ataupun stres tubuh. Kentang juga dapat menaikan hormon adrenalin yang bisa meredakan stres.

 

Nah itu beberapa manfaat kesehatan yang akan kamu dapatkan ketika kamu suka makan kentang.

 

Referensi :

  1. melintas
  2. wikipedia