Rajin Olahraga Turunkan Risiko Kanker Hingga 20%

Rajin Olahraga Turunkan Risiko Kanker Hingga 20%. Mungkin dari sebagian banyak orang yang tak suka dengan aktifitas olahraga karena berbagai alasan seperti karena lelah, karena bikin tubuh nyeri, tak suka berkeringat dan lain sebagainya. Akan tetapi banyak orang belum sadar betapa pentingnya peran olahraga untuk menjaga kesehatan tubuh sehari-hari.

Bahkan sekalipun jika Anda mengaku sehat, tetapi jika Anda tak suka olahraga, pengaruhnya besar terhadap kesehatan, salah satunya bisa terhadap risiko terserang penyakit kanker. Salah satu faktor penentu risiko kanker adalah aktivitas fisik yang dilakukan seseorang. 

wanita sedang berolahraga
wanita sedang berolahraga | vemale.com

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh JAMA Internal Medicine menunjukkan bahwa orang-orang yang lebih aktif secara fisik cenderung memiliki risiko kecil terserang kanker usus besar, payudara dan endometrium. Olahraga atau aktivitas fisik membantu jalannya pencernaan yang optimal, membuang racun dan mengaktifkan sel-sel sehingga lebih sehat dan kuat terhdapa berbagai serangan. 

Aktivitas fisik juga membantu menurunkan kadar estrogen yang menjadi pemicu kanker payudara dan endrometrium. Steven Moore, peneliti sekaligus epidemiologist kanker dari National Cancer Institute mencoba menganalisis hal ini, meminta 1.4 juta orang untuk olahraga dan melihat perkembangannya. 

Hasilnya, bahwa olahraga bisa menurunkan risiko 13 jenis kanker termasuk kerongkongan, paru-paru, ginjal, lambung, dan endometrium. Secara keseluruhan olahraga bisa menurunkan risiko kanker sebanyak 20% terutama kanker usus besar, kandung kemih, dan payudara. 

Olahraga bukan hanya menjaga kebugaran tubuh, jantung dan berat badan. Meski masih muda tetapi jangan abaikan olahraga, bisa jadi karena kurang olahraga lah Anda jadi rentan terserang penyakit, termasuk kanker.Jadi marilah dari sekarang untuk menerapkan olah raga setiap hari minimal 3 kali dalam seminggu agar tubuh lebih sehat dan fit lagi.

Sumber: vemale.com

Artikel Terkait :

0Shares