Sering Ngantuk Berlebihan? Bisa Jadi Anda Menderita 7 Penyakit Ini

0Shares

Sering Ngantuk Berlebihan? Bisa Jadi Anda Menderita 7 Penyakit Ini. Pernahkah Anda merasa mengantuk berlebihan, bahkan seperti orang yang kurang tidur? Hampir semua orang pasti pernah mengantuk, karena memang rasa kantuk merupakan tanda yang diberikan tubuh agar seseorang dapat berisitirahat.

Orang Mengantuk

Orang Mengantuk | sumber: intipslagi

Namun bagaimana jika rasa kantuk tersebut selalu datang setiap waktu, meski Anda sudah tidur cukup sekalipun. Meski mengantuk itu satu hal yang wajar, namun jika berlebihan juga patut diwaspadai karena bisa jadi merupakan tanda-tanda yang diberikan tubuh karena ada sesuatu yang tidak beres pada kesehatan tubuh Anda.

Kira-kira apa penyebab seseorang mengalami rasa kantuk yang berlebihan meskipun sudah tidur cukup? Demikianlah ulasannya berdasarkan intipslagi :

1. Gangguan tidur

Sering mengantuk berlebihan bisa jadi disebabkan karena gangguan tidur, seperti insomnia dan sleep apnea. Kedua gangguan tersebut membuat seseorang merasa kelelahan hingga mengantuk terus menerus. Nah, pada moment tidur tersebut digunakan tubuh untuk meremajakan diri dan memperbaiki sel-sel tubuh.

2. Anemia (kurang darah)

Penyebab lain dari sering mengantuk berlebihan adalah kurang darah atau anemia. Kurang darah mengakibatkan seseorang kekurangan zat besi, yang merupakan sel darah merah yang dibutuhkan tubuh untuk mengangkut oksigen ke jaringan dan organ tubuh. Jika hal ini tak segera diatasi, maka seseorang akan merasa ngantuk dan kelelahan serta lemas.

3. Dehidrasi

Mengantuk berlebihan dan kelelahan bisa jadi disebabkan dehidrasi, maka itu cobalah penuhi kebutuhan cairan agar tubuh selalu segar dan bersemangat.

4. Diabetes

Ngantuk berlebihan juga bisa disebabkan karena diabetes. Tingginya glukosa darah pada penderita diabetes membuat penderita diabetes tipe 2 merasa kelelahan dan mengantuk sepanjang waktu.

5. Hipotiroid (menurunnya produksi hormon tiroid)

Hipotiroid atau menurunnya produksi hormone tiroid dalam tubuh menajdi penyebab seseorang mengantuk dan lesu. Hal ini disebbakan terhambatnya fungsi metabolism akibat kelenjar tiroid yang kurang aktif.

6. Depresi

Depresi juga bisa membuat seseorang merasa mengantuk berlebihan, sakit kepala dan kehilangan nafsu makan.

7. Penyakit jantung
Penyakit jantung memiliki gejala awal yang bisa dikenali pada penderita, yakni sering mengantuk berlebihan. Maka itu, pastikan kesehatan jantung Anda senantiasa terjaga sehingga terbebas dari penyakit mematikan ini.

Jangan remehkan ketika Anda mengalami hal-hal yang mencurigakan, seperti mengantuk berlebihan dan tak juga sembuh meski sudah tidur cukup. Segera periksakan diri ke dokter agar segera diketahui penyebab dan cara menanganinya sehingga tidak bermasalah dikemudian hari.

Referensi : intipslagi