Teknik Cara Bernapas Bagi Perokok Aktif

0Shares

Teknik Cara Bernapas Bagi Perokok Aktif. Umumnya rokok merupakan zat yang sangat berpengaruh untuk kesehatan organ tubuh manusia. Sebagai organ yang vital, paru pada dasarnya bekerja menyerap oksigen dan melepaskan karbondioksida. Semakin sering bernapas, kapasitas paru-paru pun akan meningkat. Praktisi medis percaya, hampir sebagian orang hanya menggunakan seperempat dan kapasitas paru-paru. Hal ini dikarenakan, banyak orang yang tidak pernah melakukan latihan paru-paru atau pernapasan.

dampak buruk dari merokok
dampak buruk dari merokok | sumber: kucoba.com

Latihan paru-paru sebenarnya lebih ditekankan pada orang perokok aktif. Pasalnya, paru-paru yang seharusnya hanya menyerap oksigen, turut membawa racun dan tar dari rokok tersebut kedalam organ tubuh manusia sehingga membuat kekuatan paru-paru melemah untuk menyerap oksigen, seperti yang dilansir Boldsky. Nah dibawah ini ada beberapa cara pernapasan yang baik untuk perokok yang bisa digunakan agar sedikit membantu paru-paru untuk kerja tidak terlalu berat.

1. Pernapasan Diagframa

Ini adalah pernapasan yang paling penting bagi perokok aktif. Fungsinya adalah untuk membantu mengeluarkan racun di dalam paru-paru. Caranya, Anda cukup berbaring terlentang dan meletakkan buku di atas dada. Tarik napas dalam-dalam dan pastikan buku meningkat ke atas. Beban di dada akan membantu Anda untuk memfokuskan seluruh energi dan diagframa. 

2. Kordinasi pernapasan

Tak cukup dengan bernapas dalam-dalam. Anda juga harus memiliki ukuran kontrol atas pernapasan. Anda harus menetapkan berapa target napas yang keluar dan masuk dalam satu menit. Setiap teknik pernapasan yang dilakukan mulai dari hirup dan menghembuskan akan membantu perokok aktif untuk mendisiplinkan paru-paru. 

3. Bernapas dalam

Ini mungkin terdengar seperti latihan dasar akan tetapi teknik ini memegang peranan penting kesehatan paru-paru. Anda hanya cukup bernapas secara dalam-dalam dan membuangnya secara perlahan. Kalau saja Anda dapat melakukannya sepanjang waktu, artinya Anda menggunakan fungsi paru-paru secara maksimal. Oksigen yang masuk ke dalam tubuh pun akan semakin banyak. 

4. Bibir dikerutkan

Selain dengan hidung, Anda juga harus mencoba bernapas melalui mulut. Caranya adalah Anda cukup mengerutkan bibir. Hal ini ditujukan agar Anda bernapas cepat dan bertahap. Bagian terpenting dalam teknik ini adalah Anda harus melakukannya dalam posisi berdiri. 

Demikian ulasan dari kami seputar teknik cara bernapas bagi perokok aktif. Semoga dengan adanya bahasan tersebut bisa membantu paru-paru Anda bahkan jika perlu bagi Anda seorang perokok aktif, mulailah dari sekarang untuk berhenti merokok karena lebih banyak hal buruk yang diperoleh dibandingkan dengan nilai positifnya. Selamat mencoba!

Sumber: kucoba.com