Tips Mudah Tingkatkan Imun Cegah Virus Corona

Tips Mudah Tingkatkan Imun Cegah Virus Corona. Virus Corona atau Covid-19 sangat rentan menyerang sistem kekebalan tubuh yang lemah. Sehingga beberapa lembaga kesehatan menyarankan untuk meningkatkan imunitas tubuh dengan cara mudah dan sehat agar terhindar dari upaya penyebaran virus mematikan tersebut.

Menurut Immune Deficiency Foundation, virus yang menyerang sistem pernapasan ini mudah menular melalui kontak perorangan secara langsung. Apalagi bagi orang yang memiliki imunitas sangat rendah, maka berisiko tinggi terinfeksi Covid-19.

 

Olahraga Jogging

Ilustrasi olahraga untuk tingkatkan imun | Pict by runtastic.com

 

Untuk itu, bagi setiap orang saatnya sudah harus mulai menjaga sekaligus meningkatkan imunitas tubuh untuk mencegah penularan Covid-19. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan imun tubuh seperti rangkuman dari Instalasi Gizi RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo dan sumber media kesehatan lainnya yang kami himpun.

Berikut ini ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan imun tubuh agar tidak tertular dari virus Covid-19 :

1. Rajin Mencuci Tangan

Penting bagi kita semua untuk selalu menjaga kebersihan diri dengan melakukan cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir setiap saat. Siapkan hand sanitizer di dalam tas, apabila jika sedang dalam perjalanan dan tidak menemukan tempat cuci tangan. Cuci tangan dengan rutin setelah memegang benda, bersentuhan dengan fasilitas umum, saat hendak makan, mempersiapkan dan mengolah makanan, setelah memegang hewan peliharaan dan sebagainya.

 

Bacaan lainnya : Kepercayaan Orang Jawa Dari Pertanda Alam

 

2. Jaga Jarak Dengan Orang Lain

Jaga jarak (social distancing) dengan orang lain untuk sementara waktu juga sangat perlu dilakukan. Cara ini juga menjadi bagian dari menjaga imun tubuh. Sebab, kita tidak pernah tahu orang yang berada di sekitar kita sedang sakit atau tidak. Mawas diri dan pastikan jarak Anda dengan orang lain sekitar 1 meter. Jika ada orang disekitar Anda sedang batuk atau flu, sebaiknya menghindar darinya.

3. Konsumsi Makanan Yang Bergizi

Konsumsi makanan bergizi yang baik sangat penting dalam membentuk sistem imun tubuh yang kuat. Dengan gizi yang baik, maka sistem kekebalan tubuh akan semakin bertambah kuat sehingga bisa memberikan perlindungan lebih bagi tubuh Anda dari berbagai virus penyakit.

Ada beberapa bahan makanan yang mengandung gizi tinggi yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh, di antaranya :

  • Kandungan Protein: telur bebek, susu full cream, kerang, ikan mas, udang, daging kambing, ikan kembung, daging sapi dan daging ayam.
  • Kandungan vitamin A: minyak ikan, hati sapi, hati ayam, wortel, kuning telur, mentega, bayam, labu kuning, kangkung dan ubi jalar.
  • Kandungan vitamin C: jambu biji, brokoli, pepaya, jeruk, lemon, strawberry
  • Kandungan vitamin E: minyak zaitun, margarine, minyak jagung, almond, kuaci bunga matahari, minyak bunga matahari.
  • Kandungan zat besi: hati sapi, hari ayam, susu full cream, kacang merah, kuning telur, tempe, daging ayam, kacang hijau, udang dan tahu.

4. Rutin Konsumsi Air Putih

Penuhi cairan tubuh bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi air putih sesering mungkin. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena mampu meningkatkan sistem imun tubuh manusia. Air mampu membawa oksigen ke sel-sel dalam tubuh, sehingga sistem organ menjadi lancar. Bahkan, bisa membantu proses pembersihan racun-racun berbahaya yang ada di dalam tubuh.

 

Bacaan lainnya : Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Dipercaya Mampu Cegah Virus Korona

 

5. Lakukan Olahraga Ringan Secara Rutin

Selain menyehatkan tubuh, olahraga yang dilakukan secara rutin dan teratur juga mampu melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit. Dengan melakukan aktivitas olahraga, tentu dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan melancarkan peredaran darah. Beragam jenis olahraga bisa dipilih untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Disarankan memilih yang mudah dan tidak terlalu berat, seperti jalan kaki, lari, dan lompat tali dengan waktu 30 menit.

6. Lakukan Istirahat Yang Cukup

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kurang istirahat atau tidur sangat rentan terserang penyakit, lantaran sedikitnya antibodi yang dihasilkan pada tubuh. Namun untuk mencegahnya dapat dilakukan istirahat atau tidur yang cukup agar sistem imun tubuh bisa meningkat dan tidak terganggu.

Kurang istirahat pun dapat membuat seseorang rentan mengalami stres hingga insomnia. Sebaiknya mencukupi kebutuhan waktu tidur sesuai dengan usia, idealnya untuk orang dewasa adalah berkisar 7 sampai 8 jam setiap harinya.

Nah itulah beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan imun tubuh agar tidak tertular dengan virus Covid-19 atau virus Corona ini. Semoga kita semua diberikan kesehatan dan dapat terhindara dari penyakit tersebut.

referensi :

  1. Cermati
  2. Tagar

DMCA.com Protection Status