Waspadai Bahaya Menahan Kencing Bagi Kesehatan


Waspadai Bahaya Menahan Kencing Bagi Kesehatan. Menahan kencing seringkali dilakukan seseorang disaat tertentu, misalnya : lagi malas bangun tidur, kerja, menonton acara kesayangan, tidak ada toilet yang bersih, dan lain sebagainya. Apapun alasannya, ternyata kebiasaan menahan kencing terlalu lama tidak boleh dilakukan karena berbahaya bagi kesehatan. Ingat, tubuh memiliki kapasitas untuk menahan urine yang bervariasai, tergantung berapa banyak urine yang dihasilkan oleh tubuh.

waspadai akibat menahan kencing
penanda jenis kelamin pada toilet | intipslagi.blogspot.com

Bagaimana dengan sensasi rasa ingin kencing? Ternyata sensasi rasa ingin kencing juga berbeda tingkatannya, ada yang berupa rasa ingin kencing saja hingga yang membuat kita harus menahannya dengan cara tertentu, misalnya menyilangkan kaki. Tahukah Anda jika proses buang air kecil sangatlah penting, karena menunjukkan bahwa system pencernaan dalam tubuh Anda berjalan dengan baik. Selain itu, dari warna air kencing, kita bisa mendeteksi kondisi kesehatan, misalnya : ketika air kencing berwarna kuning pekat menunjukkan adanya masalah pencernaan (dehidrasi), ketika urine berwarna kemerahan yang menunjukkan adanya infeksi pada organ dalam kita, dan lain sebagainya. 

Berikut ini bahaya menahan kencing yang terlalu lama bagi kesehatan :

1. Menumpuk Kotoran dalam Tubuh

Menahan kencing terlalu lama sama artinya dengan menahan kotoran sisa pencernaan lebih lama di dalam tubuh. Jika kotoran dibiarkan menumpuk dan mengendap lebih lama lagi, maka bersiaplah mengalami berbagai masalah kesehatan pada organ tubuh.

2. Mengganggu proses pencernaan

Menahan buang air kencing terlalu lama dapat mengganggu proses pencernaan didalam tubuh. Ketika proses pencernaan seharusnya selesai dengan buang air kencing, namun Anda menahannya, maka otomatis akan mengganggu proses pencernaan berikutnya.

3. Terganggunya kesehatan organ pencernaan

Selain mengganggu proses pencernaan, kebiasaan menahan kencing terlalu lama juga dapat mengganggu kesehatan organ pencernaan, diantaranya : kandung kemih, ginjal, dan saluran kencing.

4. Menimbulkan penyakit dan infeksi pada organ pecernaan

Ketika kesehatan organ pencernaan terganggu, maka beberapa penyakit dan infeksi siap menyerang. Beberapa penyakit organ pencernaan yang bisa terjadi akibat kebiasaan menahan kencing terlalu lama, antara lain : infeksi pada ginjal, gagal ginjal, batu ginjal, infeksi kandung kemih, infeksi saluran kencing, dan lainnya. 

Demikianlah yang dapat kami sampaikan seputar beberapa hal yang akan terjadi jika Anda menahan buang air kecil pada organ tubuh Anda. Semoga bermanfaat!

Sumber: intipslagi

Artikel Terkait :

0Shares