3 Ayat Al Quran Yang Ampuh Menangkal Santet dan Sihir

3 Ayat Al Quran Yang Ampuh Menangkal Santet dan Sihir. Sihir hanyalah perbuatan sia-sia yang tak akan pernah sekalipun menang. Allah SWT bahkan telah menjamin bahwa sampai kapanpun sihir tidak akan pernah menang. Oleh sebab itu, manusia tidak perlu takut dengan sihir, santet ataupun sejenisnya. Baca dan renungi 3 ayat Al Quran ini yang ampuh menangkal sihir.

 

Sihir adalah kejahatan yang dilakukan baik oleh manusia maupun oleh jin atau dikerjakan dengan bekerja sama di antara keduanya. Perlindungan yang terbaik dari sihir adalah berlindung dan meminta pertolongan kepada Allah SWT.

 

Ilustrasi santet

Ilustrasi dari santet atau sihir | Pict from wajibbaca.com

 

Salah satu cara untuk memohon perlindungan Allah SWT dari sihir adalah dengan mengamalkan 3 ayat Al Quran dan merenungi serta meyakininya. Khalid bin bin Abdurrahman bin Ali al-Jarisy dalam kitabnya Ar-Ruqyah as-Syar’iyyah Kamilah Min Alquran wa as-Sunnah menjelaskan ayat yang bisa digunakan untuk menangkal sihir.

 

Di antaranya adalah terdapat dalam sejumlah surat Al Quran, sebagai berikut:

 

Surat Al-A’raf 117-119

 

وَأَوْحَيْنَا إِلَىٰ مُوسَىٰ أَنْ أَلْقِ عَصَاكَ ۖ فَإِذَا هِيَ تَلْقَفُ مَا يَأْفِكُونَ.فَوَقَعَ الْحَقُّ وَبَطَلَ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ.فَغُلِبُوا هُنَالِكَ وَانْقَلَبُوا صَاغِرِينَ

“Dan Kami wahyukan kepada Musa, “Lemparkanlah tongkatmu!” Maka, tiba-tiba ia menelan (habis) segala kepalsuan mereka. Maka terbuktilah kebenaran, dan segala yang mereka kerjakan jadi sia-sia. Maka, mereka dikalahkan di tempat itu dan jadilah mereka orang-orang yang hina.”

Di dalam ayat tersebut ditekankan bahwa segalah hal yang berkaitan dengan sihir adalah sebuah kepalsuan dan juga sia-sia. Jadi perbuatan sihir tidak ada manfaatnya sama sekali, hanya bung-buang waktu, tenaga dan bahkan menggadaikan keimanan hanya demi kesenangan atau kepuasan duniawi.

Selain itu, ayat tersebut diturunkan untuk memberikan nasehat kepada hamba-Nya agar tidak bermain dengan sihir yang akan membuat pelakunya jadi orang-orang yang hina.

 

Baca juga : Beberapa Jenis Makanan Dapat Memutihkan Kulit

 

Surat Yunus 79-82

 

وَقَالَ فِرْعَوْنُ ائْتُونِي بِكُلِّ سَاحِرٍ عَلِيمٍ.فَلَمَّا جَاءَ السَّحَرَةُ قَالَ لَهُمْ مُوسَىٰ أَلْقُوا مَا أَنْتُمْ مُلْقُونَ.فَلَمَّا أَلْقَوْا قَالَ مُوسَىٰ مَا جِئْتُمْ بِهِ السِّحْرُ ۖ إِنَّ اللَّهَ سَيُبْطِلُهُ ۖ إِنَّ اللَّهَ لَا يُصْلِحُ عَمَلَ الْمُفْسِدِينَ.وَيُحِقُّ اللَّهُ الْحَقَّ بِكَلِمَاتِهِ وَلَوْ كَرِهَ الْمُجْرِمُونَ

“Dan Fir’aun berkata (kepada pemuka kaumnya), “Datangkanlah kepadaku semua pesihir yang ulung!”. Maka ketika para pesihir itu datang, Musa berkata kepada mereka, “Lemparkanlah apa yang hendak kamu lemparkan!”. Setelah mereka melemparkan, Musa berkata, “Apa yang kamu lakukan itu, itulah sihir, sesungguhnya Allah akan menampakkan kepalsuan sihir itu. Sungguh, Allah tidak akan membiarkan terus berlangsungnya pekerjaan orang yang berbuat kerusakan.” Dan Allah akan mengukuhkan yang benar dengan ketetapan-Nya walaupun orang-orang yang berbuat dosa tidak menyukainya.”

Dalam ayat ini disebutkan bahwa perilaku sihir hanyalah kepalsuan belaka. Dan perbuatan sihir adalah perilaku orang-orang yang berbuat kerusakan. Jadi orang-orang yang bergantung pada sihir adalah orang-orang yang tersesat dan berbuat kerusakan. Bukankah manusia diperintahkan hidup di dunia ini untuk jadi khalifah?

Pemimpin di dunia ini yang diperintahkan untuk mengelola dan menjaga bumi dan segala isinya dengan baik agar mendapatkan rahmat.

 

Baca juga : Cara Mudah Menabung Tanpa Sadar

 

Surat Thaha 65-69

 

قَالُوا يَا مُوسَىٰ إِمَّا أَنْ تُلْقِيَ وَإِمَّا أَنْ نَكُونَ أَوَّلَ مَنْ أَلْقَىٰ.قَالَ بَلْ أَلْقُوا ۖ فَإِذَا حِبَالُهُمْ وَعِصِيُّهُمْ يُخَيَّلُ إِلَيْهِ مِنْ سِحْرِهِمْ أَنَّهَا تَسْعَىٰ.فَأَوْجَسَ فِي نَفْسِهِ خِيفَةً مُوسَىٰ.قُلْنَا لَا تَخَفْ إِنَّكَ أَنْتَ الْأَعْلَىٰ.وَأَلْقِ مَا فِي يَمِينِكَ تَلْقَفْ مَا صَنَعُوا ۖ إِنَّمَا صَنَعُوا كَيْدُ سَاحِرٍ ۖ وَلَا يُفْلِحُ السَّاحِرُ حَيْثُ أَتَىٰ

“Mereka berkata, “Wahai Musa! Apakah engkau yang melemparkan (dahulu) atau kami yang lebih dahulu melemparkan?”. Dia (Musa) berkata, “Silakan kamu melemparkan!” Maka tiba-tiba tali-tali dan tongkat-tongkat mereka terbayang olehnya (Musa) seakan-akan ia merayap cepat, karena sihir mereka. Maka Musa merasa takut dalam hatinya. Kami berfirman, “Jangan takut! Sungguh, engkaulah yang unggul (menang). Dan lemparkan apa yang ada di tangan kananmu, niscaya ia akan menelan apa yang mereka buat. Apa yang mereka buat itu hanyalah tipu daya pesihir (belaka). Dan tidak akan menang pesihir itu, dari mana pun dia datang.”

Dalam ayat ini tegas dikatakan bahwa kita tidak boleh takut dengan sihir, atau perbuatan jin dan setan ini, sebab mereka pasti kalah. Allah SWT sudah jelas mengatakan hal tersebut dengan jelas, bahwa sihir tidak akan pernah meski ia berasal dari manapun.

Jadi jangan pernah takut, serahkan semuanya kepada Allah SWT. Kita sebagai hamba-Nya hanya bisa berusaha dan juga berdoa untuk terlepas dari segala sihir dan godaan setan yang terkutuk. Semoga kita semua menjadi orang yang beruntung di jalan yang Allah ridhoi. Aamiin ya Rabb.

 

Sumber : Wajibbaca