Alasan Kenapa Tidur Miring Ke Kiri Lebih Baik

Alasan Kenapa Tidur Miring Ke Kiri Lebih Baik. Tahukah Anda jika penelitian terbaru telah melaporkan bahwa tidur di bagian sisi kiri tubuh memiliki banyak manfaat kesehatan yang luar biasa, selain untuk mengistirahatkan tubuh di malam hari. Menurut ilmu Ayurveda kuno, tidur miring ke kiri juga memiliki berbagai manfaat positif.

Berikut ini kami rangkum beberapa manfaat paling penting tidur dengan posisi tubuh miring ke kiri beserta penjelasan ilmiahnya dari androphedia:

 

Ilustrasi Lambung Manusia

Ilustrasi Lambung Manusia | Pict by androphedia

 

1. Menyokong Sistem Limfatik

Tidur miring ke kiri memungkinkan tubuh untuk dapat lebih optimal dalam menyaring limbah dan cairan getah bening melalui kelenjar limpa karena sisi kiri tubuh adalah sisi limfatik yang dominan. Penelitian Barat melaporkan bahwa tidur di sisi kiri dapat membantu tubuh memproses bahan limbah dari otak. Sebaliknya, jika Anda tidur di sisi kanan, efeknya dapat menurunkan efisiensi sistem limfatik.

 

2. Meningkatkan Pencernaan

Lambung terletak di sisi kiri tubuh kita, oleh karena itu, tidur di sebelah kiri memungkinkan limbah dengan mudah mengalir dari usus kecil ke usus besar. Namun sebaliknya, berbaring di sisi kanan membuat proses pencernaan sedikit lebih sulit karena gravitasi. Juga, diyakini bahwa enzim pankreas berkembang lebih mudah saat kita berbaring di sisi kiri tubuh. Selain itu, tidur di sisi kiri juga bisa memudahkan buang air besar di pagi hari.

 

3. Ideal untuk Wanita Hamil

Tidur di sisi kiri membantu meningkatkan sirkulasi tubuh pada wanita hamil. Selain itu, juga dapat membantu mengurangi tekanan di punggung. Sehingga menjaga rahim agar tidak menekan hati, dan meningkatkan aliran darah ke ginjal, rahim, dan janin. Dokter juga merekomendasikan wanita hamil untuk menghabiskan waktu tidurnya sebanyak mungkin di sisi kiri.

 

Baca juga : Alasan Dolar Jadi Patokan Mata Uang Dunia

 

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Termasuk yang memperoleh manfaat kesehatan dari tidur di sisi kiri adalah jantung. Seorang dokter bernama Dr. John Douillard mengatakan, “Cukup masuk akal jika seseorang tidur di sisi kiri tubuh pengaliran getah bening ke jantung akan terbantu oleh gaya gravitasi, oleh karena itu, dapat meringankan beban kerja dari hati saat kita sedang tidur.” Aorta, yang merupakan arteri terbesar di tubuh, mengalir dari bagian atas jantung dan melengkung ke kiri, sebelum menuju ke bawah perut. Dengan tidur di sisi kiri tubuh, kerja jantung akan lebih maksimal dalam memompa aorta.

 

5. Meningkatkan Kesehatan Limpa

Selain jantung, organ lain yang menuai manfaat dari tidur miring ke kiri adalah limpa. Di sisi lain, Dr. John Douillard juga mengatakan, “Ketika Anda berbaring di sisi kiri, proses kerja limpa sekali lagi akan sangat terbantu dan dipermudah oleh adanya gaya gravitasi.”

 

Baca juga : Bahaya Konsumsi Daging Olahan Secara Berlebihan

 

6. Menyembuhkan Sakit Punggung

Orang yang menderita sakit punggung kronis dapat mengambil manfaat dari tidur miring ke sisi kiri. Hal ini dikarenakan tidur dengan posisi miring demikian dapat membantu meringankan tekanan pada tulang belakang. Selain itu, perasaan yang nyaman juga dapat meningkatkan peluang tidur lebih nyenyak dan berkualitas.

 

7. Mengurangi Perut Sakit atau Mulas

Makanan yang bersifat asam termasuk pasta, pizza, dan bahkan kopi dapat memicu rasa mulas. Dalam hal ini, tidur di sisi kiri tubuh dilaporkan dapat menenangkan refluks asam. Sebaliknya, diyakini bahwa gangguan pencernaan dan mulas justru akan meningkat, ketika tidur di bagian sisi kanan tubuh.

Sumber : Androphedia