Bahaya Terlalu Sering Kunyah Permen Karet

Bahaya Terlalu Sering Kunyah Permen Karet. Banyak dari Anda ketika merasakan bosan atau senggang pasti akan mengunyah permen karet. Tahukah Anda ternyata menurut beberapa studi menyebutkan bahwa permen karet dapat membahayakan bagi kesehatan tubuh. Jika Anda terlalu sering mengunyah permen karet maka Anda akan mengalami gangguan kesehatan seperti sakit perut, kembung, dan mempengaruhi fungsi organ lainnya.

 

Kunyah Permen Karet

Ilustrasi mengunyah permen karet | Pict by kabardunia

 

Berikut ini ada beberapa penjelasan mengenai bahayanya mengunyah permen karet jika dilakukan terlalu sering :

 

1. Sakit Perut

Hal pertama yang Anda rasakan ketika terlalu sering mengunyah permen karet adalah sakit perut. Hal tersebut karena pada permen karet mengandung lanolin yang biasa ditemukan dalam salep juga. Zat tersebut merupakan racun bagi perut dan organ pencernaan lainnya. Jika Anda tidak ingin mengalami gangguan pencernaan lebih baik berhenti mengunyah permen karet.

 

Bacaan lainnya : Alasan Berbuka Puasa Harus Dengan Yang Manis

 

2. Kembung

Dengan mengunyah permen karet akan membuat kantong udara yang memberikan tekanan pada usus yang akan menyebabkan kram dan kembung. Selain itu kandungan dalam permen karet seperti pemanis makanan juga akan mempengaruhi kesehatan tubuh Anda. Anda perlu menghentikan mengunyah permen karet untuk alasan kesehatan.

 

3. Metabolisme Menurun

Jika Anda mengunyah permen karet akan mempengaruhi kelenjar air liur untuk terus diproduksi. Hal inilah yang menyebabkan metabolisme tubuh menurun. Metabolisme dibutuhkan tubuh untuk membuang racun dan membakar sisa kalori yang berlebih. Jika terganggu akan menyebabkan masalah pada kesehatan tubuh Anda.

 

Bacaan lainnya : Cara Mengatasi Bibir Kering Ketika Puasa

 

4. Bau Mulut

Masalah tersebut bisa muncul setiap saat dan beberapa orang meyakini bahwa mengunyah permen karet dapat menghilangkan bau mulut tersebut. Namun pernyataan tersebut salah karena pada dasarnya mengunyah permen karet akan meningkatkan air liur Anda sehingga bakteri akan senang terhadap hal tersebut. Bakteri itu yang akan menyebabkan bau mulut berlebih pada Anda. Anda bisa menggunakan permen lain atau menggosok gigi Anda.

 

Nah itu dia beberapa bahaya yang terjadi jika Anda terlalu sering mengunyah permen karet. Jadi jika hal tersebut tidak terlalu dibutuhkan Anda untuk mengisi waktu maka bisa Anda hindari hal tersebut.

 

Sumber : Kabardunia