Bahaya Ungkapan Belum Lima Menit Saat Makanan Jatuh

Bahaya Ungkapan Belum Lima Menit Saat Makanan Jatuh. Sering mendengar ungkapan ketika makan jatuh “belum lima menit”? Meski belum diketahui dari mana asal ungkapan itu, namun ungkapan yang kerap kali kita dengar ini sepertinya sudah menjadi kebiasaan ketika mengambil makanan yang telah jatuh.

 

Makanan Jatuh Ke Tanah

Ilustrasi makanan jatuh | Pict by huffingtonpost.com

 

Meski kebanyakan orang mengambil kembali makanan mereka yang jatuh sebelum lima menit (ada juga yang menyebutkan sebelum lima detik), para ilmuwan justru melarang hal tersebut dilakukan.

Para ilmuwan mengungkapkan bahwa ketika makanan jatuh, bakteri dengan sangat cepat dapat meresap dalam makanan. Hal ini juga tergantung pada daerah di mana makanan itu jatuh.

 

Baca juga : Beberapa Suara Yang Dibuat Tubuh Beserta Artinya

 

Faktanya, bakteri hanya butuh waktu singkat untuk menyerang makanan yang jatuh. Dari beberapa hasil penelitaian juga menjelaskan bahwa ternyata bakteri dapat berpindah kurang dari 5 detik ke makanan ibarat kudapan manis dan permen.

Kebersihan makanan tentu sangat penting bagi kesehatan. Saat makanan terjatuh ke lantai, karpet atau permukaan lainnya beberapa bakteri mungkin akan mengkontaminasi makanan tersebut dengan cepat. Belum lagi kalau bakteri tersebut berbahaya dibandingkan bakteri lainnya.

Makanan kotor kalau dikonsumsi ketika imun kurang baik akan mengundang penyakit yang dapat menimbulkan kematian.

 

Baca juga : Begini Cara Memecahkan Jerawat Tanpa Meninggalkan Bekas

 

Nah jadi bagi Anda yang senang melakukan hal tersebut bisa menguranginya ya agar terhindar dari masalah kesehatan yang ditimbulkan dikemudian hari.

 

Sumber : Jurukunci