Beberapa Amalan Utama Selama Bulan Ramadan Selain Puasa

Beberapa Amalan Utama Selama Bulan Ramadan Selain Puasa. Ramadan sudah tiba yang mana pada kesempatan ini umat muslim di seluruh dunia diwajibkan untuk berpuasa dan menahan segala hawa nafsu dari terbit hingga terbenamnya matahari. Di bulan yang penuh rahmat ini, umat muslim dianjurkan memperbanyak amalan. Memang, selain berpuasa, banyak amalan-amalan utama yang dianjurkan untuk dapat dikerjakan saat bulan Ramadan.

“Marhaban Ya Ramadhan” yang artinya Selamat datang wahai bulan Ramadan. Bulan Ramadan merupakan satu-satunya bulan yang paling ditunggu umat islam. Sebab, pada bulan yang suci ini mereka bisa mendapatkan banyak pahala.

 

Membaca Alquran

Membaca Alquran salah satu amalan di bulan Ramadan | Pict by cermati

 

Bagaimana tidak? Di bulan yang juga penuh berkah ini setiap amal ibadah atau kebaikan yang dilakukan akan mendapatkan pahala yang dilipat gandakan. Untuk itu, setiap umat islam tidak hanya menjalankan puasa Ramadan saja akan tetapi mereka juga menjalankan ibadah dan kebaikan lainnya.

Berikut beberapa amalan utama selama bulan Ramadan seperti yang kami rangkum dari suara.com :

1. Salat Tarawih

Ulama telah sepakat Sholat Tarawih itu disyariatkan. Nabi Muhammad SAW menganjurkan umat muslim menghidupkan malam Ramadan dengan memperbanyak sholat ini di sepanjang malam. Dalam menunaikan Sholat Tarawih, hendaklah dicontoh tata cara salat Nabi Muhammad SAW, baik mengenai jumlah rakaatnya maupun kualitasnya.

Nabi Muhammad menunaikan Sholat Tarawih sebanyak 11 rakaat dengan cara-cara yang bervariasi: dengan cara jumlah rakaat 4+4+3. Boleh pula dengan cara 2+2+2+2+2+1. Bukan cuma itu, salah satu keutamaan sholat malam di bulan Ramadan yakni mendapatkan pengampunan dosa-dosa yang telah dikerjakan di masa lalu. Tidak hanya untuk pribadi, seorang kepala keluarga dianjurkan untuk membangunkan keluarganya, baik itu istri maupun anak, untuk bersama menunaikan ibadah mulia ini.

 

Bacaan lainnya : Sejarah PNS Hingga Menjadi ASN Era Sekarang

 

2. Tadarus Alquran

Umat Islam dianjurkan benar-benar berinteraksi dengan Alquran untuk meraih keberkahan hidup dan meniti jenjang menuju umat yang terbaik dengan petunjuk Alquran. Berinteraksi dalam arti hidup dalam naungan Alquran dengan cara tilawah (membaca), tadabbur (memahami), hifdz (menghafalkan), tanfidz (mengamalkan), dan taklim (mengajarkan).

Selain segala amalan kebajikan dilipatgandakan di Ramadan, membaca satu huruf dalam Alquran akan diberikan 10 kebaikan, bahkan bagi yang terbata-bata diberikan dua pahala. Selain itu, kekhususan Ramadan dibandingkan bulan lain adalah bulan ketika Alquran diturunkan, alhasil banyak keberkahan di dalam bulan tersebut yang bisa diraih.

3. Sedekah

Umat Islam juga dianjurkan untuk banyak bersedekah di bulan Ramadan dengan mencontoh Nabi Muhammad SAW, baik untuk kepentingan fisabilillah maupun kaum dhuafa dan fakir miskin.

Dan salah satu bentuk sedekah yang dianjurkan selama Ramadan adalah memberikan iftar alias santapan berbuka puasa kepada orang-orang yang menunaikan ibadah puasa.

4. Itikaf

Salah satu amalan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW di bulan Ramadan adalah mendekatkan diri kepada Allah dengan cara itikaf di masjid.

Itikaf dianjurkan dibiasakan setiap hari di bulan Ramadan akan tetapi diutamakan dikerjakan 10 hari terakhir Ramadan. Alasannya agar mendapati keagungan malam lailatul qadar.

 

Bacaan lainnya : Tips Mudah Tingkatkan Imun Cegah Virus Corona

 

5. Umrah

Keutamaan umrah di bulan Ramadan ini besar sekali. Rasulullah Saw pernah menganjurkan kepada seorang wanita Anshar (Ummu Sinan) yang tidak sempat berhaji bersama beliau. Umrah termasuk dalam sunnah Nabi yang dianjurkan untuk dikerjakan saat Ramadan, bahkan pahalanya setara dengan ibadah haji. Meski demikian, hal ini tidak menggugurkan kewajiban haji bagi yang mampu melakukannya.

6. Memburu Lailatul Qadar

Rasulullah SAW mencari Lailatul Qadar dan memerintahkan para sahabatnya untuk menantinya setiap Ramadan. Bukan cuma itu, Nabi Muhammad SAW juga senantiasa membangunkan keluarganya pada malam 10 hari terakhir dengan harapan mendapatkan Lailatul Qadar.

Lailatul Qadar berada di 10 hari terakhir Ramadan, tepatnya pada malam-malam ganjilnya. Dan malam yang paling diharapkan adalah malam ke-27.

7. Memperbanyak zikir, doa dan istigfar

Umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak zikir, berdoa, istigfar dan meminta ampunan selama Ramadan terutama di waktu-waktu utama nan mulia, yakni malam dan siang hari.

Ada tiga waktu mustajab untuk berdoa, yakni saat berbuka, karena seorang yang berpuasa saat ia berbuka memiliki doa yang tak ditolak; sepertiga malam terakhir saat Allah turun ke langit dunia; dan beristighfar di waktu sahur.

Seperti yang telah kita pahami semua bahwa setiap umat muslim yang melaksanakan amalan selama bulan puasa memang akan mendapat pahala yang berlimpah. Namun, bila semua amalan dilaksanakan dengan terpaksa tentu saja akan sia-sia. Sebab, pahala yang didapat tidak akan maksimal.

Untuk itu, lakukanlah semua amalan ibadah dan kebaikan dengan hati yang ikhlas, sehingga selain akan mendapatkan pahala yang maksimal, kamu juga akan mendapatkan banyak kebaikan lainnya.

Selamat mencoba ya gaes. Mohon maaf lahir batin.

 

sumber : Suara