Beberapa Manfaat Baik Dengan Memijat Kaki

Beberapa Manfaat Baik Dengan Memijat Kaki. tahukah jika memijat pada sejumlah titik di kaki Anda dipercaya dapat memberikan efek rileks sekaligus menghilangkan rasa nyeri maupun pegal, tidak hanya pada kaki itu sendiri, namun ternyata juga pada bagian tubuh lainnya. Benarkah demikian? Lantas, di mana saja titik refleksi kaki tersebut?

 

Memijat Kaki Manusia

Ilustrasi memijat kaki manusia | Pict by klikpositif.com

 

Titik refleksi kaki adalah area-area di kaki dan sekitarnya yang memiliki tingkat sensitivitas tinggi terhadap sentuhan dan tekanan. Dalam dunia medis, titik refleksi ini dikenal sebagai titik akupresur (acupressure point). Saat titik-titik tersebut disentuh atau ditekan, tubuh akan bereaksi dengan melepaskan senyawa-senyawa yang memberikan efek rileks pada tubuh.

 

Efek relaksasi yang dihasilkan dari aktivitas memijat titik refleksi pada kaki ini pun diklaim dapat meredakan pegal, di samping sejumlah manfaat lainnya seperti menjaga kesehatan tubuh hingga membantu Anda tidur lebih nyenyak dan berkualitas. Kendati masih belum dapat dipastikan, sejumlah penelitian mengungkapkan bahwasannya pijat refleksi kaki efektif untuk meredakan nyeri, termasuk nyeri pasca operasi.

 

Berikut ini adalah beberapa rangkuman manfaat melakukan pijat refleksi pada kaki yang perlu Anda ketahui :

 

Baca juga : Desalinasi Air Laut Solusi Kebutuhan Air Bersih

 

1. Mengatasi Nyeri dan Pegal-Pegal

Nyeri dan pegal pada kaki tentunya menjadi kondisi yang semua orang pasti pernah mengalaminya, terutama jika sehari-harinya berkutat dengan aktivitas yang banyak membutuhkan gerakan dan tumpuan kaki , atau jika sering menggunakan sepatu berhak (high heels). Pijat refleksi bertujuan untuk meredakan rasa nyeri dan pegal-pegal tersebut. Pasalnya, kegiatan ini dapat merilekskan otot-otot sekaligus melancarkan peredaran darah di dalamnya. Manfaat ini juga berlaku untuk bagian tubuh yang lainnya, ya.

 

2. Mengusir Stres

Manfaat penting lainnya yang juga dihasilkan dari aktivitas pijat yang satu ini adalah untuk mengusir rasa stres. Dilansir dariWebMD,pijat refleksi pada kaki maupun area tubuh lainnya menurut seorang praktisi kesehatan yakni Mary Beth Braun efektif untuk mengatasi stres dan kondisi lainnya yang berkaitan seperti gangguan kecemasan dan insomnia.

 

3. Mengembalikan Energi Tubuh

Padatnya aktivitas seseorang dalam sehari-hari pastinya membuat tubuh kita banyak kehilangan energi yang mana hal ini biasanya benar-benar terasa di malam hari. Pijat refleksi kaki menjadi salah satu medium yang dipercaya dapat mengembalikan energi yang hilang tersebut. Pasalnya, pijat diklaim dapat membantu merangsang produksi hormon tubuh yang berkaitan dengan pembentukan energi (tentunya harus diimbangi juga dengan konsumsi makanan bergizi dan aktivitas sehat lainnya seperti berolahraga).

 

Baca juga : Alasan Di Indonesia Ada Gelar Haji

 

Nah demikianlah beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dengan memijat kaki. Semoga dengan adanya informasi menarik ini dapat membuat Anda lebih terlatih untuk bisa menjaga tubuh agar tetap fit menjalani aktifitas sehari-hari. Selamat mencoba ya.

 

Sumber : Klikpositif.com