Cara Minum Kopi Agar Terasa Lebih Manfaat

Cara Minum Kopi Agar Terasa Lebih Manfaat. Saat ini kopi menjadi salah satu minuman ringan yang banyak digemari oleh semua kalangan, mulai dari orang dewasa bahkan sampai usia dini. Kopi menjadi minuman khas yang tidak boleh terlewatkan baik ketika sedang santai, beraktifitas ataupun teman ngobrol. Beberapa penelitian bahkan ada yang menyebutkan bahwa kopi dapat meningkatkan produktivitas hingga memperpanjang hidup manusia.

 

Tentu saja, hal itu jika didukung dengan pengolahan yang benar dan cara minum yang tepat ketika mengonsumsi kopi. Minuman universal ini mungkin juga tidak boleh ketinggalan, khususnya bagi para pekerja keras yang rasanya sehari tidak pernah cukup hanya 24 jam dan tentu juga bagi para penikmat kopi pada umumnya.

 

Minuman Kopi Sehat

Minuman kopi sehat | Pict by palingseru.com

 

Untuk menjadikan kebiasaan minum kopi menjadi lebih bermanfaat dan efektif bagi kesehatan, berikut ini ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan :

 

1. Jangan minum kopi sebelum jam 10

Mungkin kita sudah biasa untuk minum kopi di pagi hari dan menganggap hal tersebut baik-baik saja, namun faktanya justru tidak baik bagi kesehatan. Tubuh kita pada pagi hari hingga jam 10 pagi mengeluarkan hormon kortisol yang dikenal sebagai hormon stres, meskipun berhubungan dengan stres, hormon ini membuat kita tetap terjaga, waspada dan membangunkan kita dari tidur. Jika kita mengonsumsi kafein pada jam-jam tersebut maka tubuh akan lebih bergantung pada kafein dan meninggalkan siklus hormonal tubuh.

 

2. Waktu meminum kopi menentukan manfaatnya

Studi tentang kopi sudah banyak membuktikan bahwa kopi cukup membantu dalam meningkatkan daya memori manusia. Hal tersebut benar, namun dengan syarat tertentu. Anda hanya akan mendapatkan manfaat tersebut hanya jika Anda meminum kopi setelah Anda melakukan kegiatan belajar dan tidak sebelumnya. Syarat lainnya, dosis dari kafein yang disarankan adalah berkisar 200 mg.

 

Baca juga : Alasan Sarang Burung Walet Bisa Sangat Mahal

 

3. Perhatikan konsumsi kafein Anda perhari

Jumlah kafein yang wajar untuk dikonsumsi orang dewasa dalam sehari adalah 400 mg, jika selebihnya maka akan menyebabkan hal-hal seperti insomnia, tubuh gemetar, gangguan perut dan juga mudah marah. Dan anehnya efek ini lebih berdampak pada laki-laki daripada wanita pada umumnya.

 

4. Buat kafein lebih efektif

Kopi akan menjadi sangat efektif ketika Anda mengambil istirahat sejenak setelah meminumnya. Pada saat Anda beristirahat kafein bekerja selama 20-30 menit dan akan benar-benar membantu Anda setelah Anda bangun untuk beraktifitas.

 

5. Butuh energi, Anda butuh kopi

Jika Anda perlu banyak energi untuk olahraga berat, mungkin lari maraton atau kegiatan berat lainnya, Anda bisa meminum kopi satu jam sebelumnya. Kafein membuat lemak menjadi bahan bakar untuk endurance dan hal ini berlangsung selama beberapa jam setelahnya.

 

Baca juga : Beberapa Gejala Jika Anda Telah Tertular Covid-19

 

6. Buat kopi Anda benar-benar sehat

Kopi Anda akan benar-benar memiliki banyak manfaat jika Anda tidak banyak menambahkan sesuatu kedalamnya seperti krim, gula yang banyak, dan susu. Karena hal itu akan mengurangi kesehatan dari kopi ketika Anda mengonsumsinya.

 

Nah demikianlah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengonsumsi kopi dengan cara yang bermanfaat agar lebih sehat ketika Anda menikmati segelas kopi. Mari ngopi gaess.

 

Sumber : Androphedia.com