Cara Mudah Menabung Tanpa Sadar

Cara Mudah Menabung Tanpa Sadar. Harga barang-barang kebutuhan pokok yang terus naik tanpa dibarengi kenaikan pendapatan bisa membuat Anda akan semakin mengalami kesulitan dalam menabung terlebih dengan masa pandemi yang saat ini masih berlangsung.

 

Dalam situasi seperti sekarang ini dengan keterbatasan yang ada maka Anda harus lebih pintar lagi menyimpan uang dan kalau perlu tanpa sadar Anda sudah bisa menabung secara otomatis. Nah berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan dengan sederhana untuk menyimpan uang tanpa Anda sadari :

 

menabung duit

Ilustrasi menabung | Pict by promo.bri.co.id

 

1. Jalankan pilot otomatis Anda

Salah satu trik untuk membiasakan diri dalam menambung adalah menempatkan simpanan di atas segala. Jadi, begitu tagihan bulanan datang, jangan langsung menyusun daftar yang harus dibayar. Tapi sisihkan sebagian uang untuk Anda simpan terlebih dahulu.

Dengan begitu, setelah Anda menyusun seluruh daftar tagihan dan menyiapkan uangnya, secara tidak sadar Anda sudah punya uang untuk disimpan, kalau ternyata tagihannya tidak terlalu banyak. Tetapi, jika ternyata tagihannya cukup banyak, Anda bisa mengambil sebagian uang yang sudah disimpan pertama kali.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah meminta kepada bank Anda, jika memungkinkan, untuk memisahkan sebagian uang Anda ke akun terpisah setiap bulan setelah gajian. Dengan begitu tidak akan sadar akan jumlah uang yang Anda simpan meski jumlahnya sudah menggunung. Jumlahnya yang harus disisihkan pun tidak perlu terlalu besar. Hanya dengan Rp 200 ribu per bulan, Anda akan punya Rp 2,4 juta dalam setahun, tanpa Anda sadari.

 

Baca juga : Jika Tidak Cermat, Sayuran Rentan Terpapar Cacing Pita

 

2. Simpan kembalian belanjamu

Masih ingat waktu Anda belajar menabung dari uang receh ketika masih kecil? Tidak ada salahnya untuk mengulang kembali kebiasaan ini. Mulailah dengan mengosongkan uang receh di dompet Anda setiap akhir minggu, taruhlah di tempat yang sudah disiapkan.

Anda bisa melibatkan keluarga juga dalam melakukan tabungan kecil ini. Apalagi jika Anda punya anak, kebiasaan menyimpan uang ini sangat bagus, karena si kecil akan menghargai uang meski itu nilainya kecil. Jika tabungannya mulai penuh, tukar uang receh di bank terdekat atau tempat penukaran uang lainnya.

Jika Anda melakukan hal ini secara rutin, bukan tidak mungkin dalam satu tahun nilainya bisa menembus jutaan tanpa Anda sadari. Dengan begitu, Anda juga akan lebih menghargai uang recehan dibandingkan sebelumnya.

 

3. Jangan diingat jika Anda sudah naik gaji

Gaji Anda naik? Selamat! Tapi, sebelum Anda tidak berpikir waras dan ingin segera belanja sesuatu, sebaiknya Anda tidak perlu mengingatnya kalau baru saja naik gaji. Sebaiknya Anda masukan selisih gaji baru ini ke dalam tabungan seperti yang disebutkan dalam poin pertama tadi. Sehingga, uang yang Anda sisihkan setiap bulan jumlahnya makin bertambah tebal.

Hal ini agak susah dilakukan jika gaji yang naik hanya rutin tahunan, tapi jika gaji yang naik karena promosi Anda bisa leluasa mengatur tabungan. Akan lebih baik lagi jika selisih gaji baru tersebut bisa Anda simpan untuk dana darurat atau bahkan dana pensiun.

 

Baca juga : Otak Pria Ini Digerogoti Cacing Pita Selama 15 Tahun

 

4. Jalankan kebiasaan yang baik

Jika akhirnya Anda sudah selesai membayar cicilan mobil yang butuh waktu bertahun-tahun, jangan mulai cari kredit lain, tetapi tetap sisihkan uang yang sama untuk masuk langsung ke tabungan. Kebiasaaan kredit bisa diubah menjadi kebiasaan menabung.

Bahkan Anda bisa memasukan kredit ini ke tabungan otomatis yang sudah diminta kepada bank, seperti sudah disinggung pada poin awal tadi. Bayangkan Anda masih punya utang untuk melunasi mobil, sehingga uang tersebut akan tersimpan dengan baik tanpa Anda sadari.

 

5. Simpan ‘Harta Karun’

Kita semua pasti pernah mengalami hal ini, menemukan uang di lokasi atau benda yang kadang kita lupa. Contohnya, seperti menemukan Rp 50 ribu di saku jaket lama, atau bahkan di ransel yang dulu dipakai untuk liburan. Jangan langsung Anda habiskan ‘harta karun’ seperti ini, sebaiknya Anda simpan baik-baik di tabungan Anda. Anggaplah sebagai dana kejutan untuk tambahan tabungan.

Tetapi jika Anda masih tergoda untuk membelanjakan uang tersebut, ada baiknya dibagi dua saja, setengah untuk jajan, setengahnya lagi ditabung. Dengan begini, Anda masih bisa menyiapkan dana untuk masa depan dan tetap bisa bersenang-senang dengan membelanjakan ‘harta karun’ tersebut.

 

Nah itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk menabung dengan cara yang tidak sadar namun memiliki manfaat yang luar biasa nantinya. Selamat mencoba ya guys.

 

Sumber : Kodokoala