Menu Sahur Serta Buka Puasa Penambah Imun Tubuh

Menu Sahur Serta Buka Puasa Penambah Imun Tubuh. Pada puasa Ramadan kali ini tentu sangat berbeda dengan tahun sebelumnya yang mana banyak hal yang akan dirasakan kurang terlebih dengan adanya wabah yang telah menjadi pandemi di seluruh dunia yakni Covid-19.

Maka untuk menyiasati hal tersebut ada baiknya kita sebagai umat muslim yang kini telah memasuki bulan puasa Ramadan harus pintar dan cerdas untuk tetap beraktifitas dibulan puasa Ramadan dengan mengonsumsi makanan dikala sahur dan buka puasa dengan asupan yang seimbang dan pastinya mampu untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

 

Makanan Sehat

Makanan sehat untuk puasa | Pict by tempo.co

 

Saat sahur tiba dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya protein seperti telur karena dapat membantu tetap kenyang selama berpuasa. Selain itu, kamu juga harus memilih makanan yang kaya serat seperti gandum. Gandum memiliki serat larut yang dapat memperlambat pencernaan dan menurunkan kolesterol dan glukosa darah sehingga membuat kenyang dan berenergi.

Menu sahur juga dapat dilengkapi dengan makanan yang kaya kalsium dan vitamin, seperti yogurt atau susu kocok dengan madu agar tetap merasa kenyang dan terhidrasi. Ada pula makanan yang harus dihindari selama sahur, yaitu karbohidrat olahan karena hanya bisa bertahan beberapa jam dan rendah nutrisi penting lain.

 

Bacaan lainnya : Beberapa Amalan Utama Selama Bulan Ramadan Selain Puasa

 

Makanan asin juga sebaiknya dihindari. Karena itu sebaiknya jangan mengonsumsi keripik, kacang asin, dan acar, serta makanan yang mengandung kecap. Minuman berkafein juga harus dihindari karena dapat membuat gelisah sepanjang hari, yang dapat menjadi kontraproduktif dan ingin terus minum air putih.

Ketika berbuka puasa, pahamilah bahwa kamu perlu memberi tubuh semua nutrisi penting. Buah-buahan kaya kalium seperti kurma dapat menghidrasi dan memberi energi instan. Jangan lupa minum air sebanyak mungkin sebelum tidur.

Kacang mentah juga sangat bagus karena bisa memenuhi kebutuhan rasa lapar dan tidak membuat makan berlebihan. Almond, terutama, mengandung lemak baik yang dibutuhkan tubuh setelah seharian berpuasa.

 

Bacaan lainnya : Tips Mudah Tingkatkan Imun Cegah Virus Corona

 

Mengonsumsi mentimun, selada, dan sayuran lain yang memiliki kandungan air tinggi. Sayuran ini dapat mendinginkan tubuh dari dalam dan menjaga kulit tetap sehat. Sementara, jenis yang harus dihindari saat berbuka puasa antara lain minuman berkarbonasi. Jika merasa haus, pilihlah air biasa atau air kelapa karena baik untuk tubuh.

Makanan yang mengandung gula tinggi seperti cokelat dan permen juga harus dihindari. Mereka bisa membuat puasa menjadi sia-sia. Makanan yang digoreng dan berminyak dan sejenisnya juga lebih baik dihindari karena selain mengandung lemak yang jahat juga dapat mempengaruhi proses pencernaan.

Demikianlah beberapa menu sahur dan berbuka puasa yang bisa kamu coba dirumah agar puasa kamu bisa lancar dan yang paling utama adalah tetap sehat ditengah wabah pandemi corona saat ini. Tetap dirumah aja ya gaes.

Sumber : Tempo.co